Pengalaman Verifikasi Neteller gratis menggunakan KTP

Jika Anda ingin menggunakan Neteller yang bebas dari limit atau berlimit besar, Anda harus memverifikasi akun Neteller yang telah Anda punyai agar akun Neteller Anda tidak dibekukan oleh sistem otomatis Neteller karena melebihi limit life time.

Perbedaan akun Neteller Unverifed dan akun Neteller Verified.
Pada dasarnya semua akun Neteller itu sama baik statusnya unverified ataupun verified asalkan jenis akunnya sama-sama personal atapun keduanya business, yang membedakan antara keduanya unverified dan verified hanya terletak pada limit dan fitur tambahan saja.

Untuk akun Neteller dengan status Unverified, Anda hanya bisa menggunakannya untuk deposit dan transfer saja baik ke merchant online, kartu kredit dan/atau kartu debit, ataupun ke sesama pengguna Neteller, itupun dikenakan limit lifetime sebesar maksimum 2.850 USD dua ribu delapan ratus lima puluh dolar Amerika artinya Anda hanya bisa melakukan transaksi; deposit dan transfer sebesar kumulatif 2.850 USD dihitung dari mulai transaksi pertama.

Sedangkan jika akun Neteller Anda sudah diverifikasi dan mendapat status Verified, limit yang dikenakan jauh lebih tinggi dan mendapatkan akses untuk apply Net+ Prepaid MasterCard. Contohnya transfer atau deposit ke merchant online limitnya tinggi sekali, per transaksi diberi limit 50.000 USD dan tidak ada batasan jumlah transaksi perhari.

Kenapa Anda harus menverifikasi akun Neteller Unverified Anda?
Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa menverifikasi akun Neteller sangat penting jika frekuensi transaksi Anda menggunakan Neteller cukup tinggi dan jumlah transaksinya besar karena jika akun Neteller yang masih Unverified dipergunakan untuk bertransaksi dengan frekuensi tinggi, akun Neteller akan dibekukan otomatis oleh sistem Neteller karena mencapai limit life time dan mau tidak mau akhirnya Anda harus melakukan verifikasi juga untuk mengambil dan memakai dana yang masih ada di Neteller.

Jadi, kenapa Anda harus menverifikasi Netteler? yups, untuk menambah limit dan menggunakan fasilitas yang diberikan oleh Neteller lebih maksikal. Selain itu Anda juga berkesempatan upgrade ke member VIP jika Anda telah mendapatkan status Verified.

Bagaimana cara Verifikasi Neteller?
Pengalaman Verifikasi Neteller gratis menggunakan KTP. Pertama-tama Anda harus memunculkan link verifikasi, jika link belum ada di account summary. Setelah itu Menyiapkan dokumen yang dibutuhkan, dalam kasus saya ktp. Lalu menunggu keputusan dari Neteller. Lebih detailnya simak pemaparannya berikut:

1. Memunculkan link Verifikasi di Account Summary.
Verifikasi Link
Jika pertama mendaftar sebagai member Neteller, status akun Neteller Anda adalah Unverified. Anda perlu menverifikasi akun Anda untuk bisa mendapatkan status Verified agar limit lebih tinggi dan bisa apply Net+ prepaid MasterCard.

Untuk melakukan verifikasi, Anda perlu untuk menekan tombol "Verify your identity" di halaman Account Summary. Jika Anda tidak bisa menemukan link tersebut, Anda perlu untuk deposit dana ke Neteller terlebih dahulu. Dalam kasus ini saya melakukan withdraw dari merchant online sebesar kurang lebih $4 empat dolar dan link verifikasi di halaman Account Summary sudah bisa muncul. Sebenarnya ada tiga cara untuk deposit dana ke Neteller:
  • Deposit melalui tab "Money In".
  • Menerima dana dari member Neteller lain.
  • Menerima dana dari merchant online.
2. Masukkan data scan ID card (ktp).

Jika Anda menekan link verifikasi di halaman Account Summary maka Anda akan diarahkan untuk mengupload kartu identitas. Dalam kasus ini saya menggunakan ktp (Goverment issued ID card). Lebih lengkapnya informasi yang diperlukan antara lain:
  • Document Type, di bagian ini Anda akan memilih menu drop-down dan terdapat tiga pilihan di dalamnya: Passport, Driver's license (kartu sim), dan Goverment issued ID card (kartu ktp). 
  • Identification Number, dalam langkah ini masukkan nomor ktp Anda. 
  • Expiry Date, masukkan tanggal kadaluarsa identitas Anda, bila kartu identitas Anda tidak memiliki tanggal kadaluarsa, centang (cek-list) "My document does not have an expiry date". 
  • Tekan tombol "Continue" bila semua data yang diminta telah dimasukkan dengan lengkap.
3. Neteller Verification: Start Verification.

Jika Anda telah yakin dengan semua data ID card yang akan diupload tekan "Start verification" untuk mulai meng-upload.

4. Neteller Verification: Memasukkan data.

Setelah menekan tombol "start verification" Anda diharus memasukkan data scan identitas yang akan diupload, dalam kasus ini saya memilih "Indonesia" untuk country dan "Identity card" untuk bagian ID type. Lebih detail cara memasukkan datanya sebagai berikut:
  • Chooose issuing country, dari negara manakah kartu identitas yang akan Anda upload? silahkan diketikkan dan cari.
  • Select ID type, ada tiga pilihan, silahkan sesuaikan dengan kartu identitas yang akan di-upload.
5. Neteller Verification: Metode scanning.

Langkah ini Anda akan diberikan dua pilihan cara untuk scan kartu identitas Anda. Dalam kasus ini saya menggunakan metode upload existing image, maksudnya upload scan ktp yang datanya sudah ada dalam komputer (datanya sudah di komputer, tinggal upload saja). Lebih jelasnya simak pemaparanya berikut:
  • Use webcam to scan dokumen, Gunakan cara ini apabila Anda mempunyai atau tersedia webcam di komputer/laptop Anda dan tidak ingin repot scan kartu identitas dengan alat scan manual.
  • Upload existing image, Jika Anda sudah punya scan-an kartu identitas, Anda bisa memilih cara ini.
6. Neteller Verification: Upload Existing Image.

Saya telah memilih Upload exist image! Jika pilihan Anda ini, silahkan upload kartu identitas Anda dengan menekan "Choose file". 
Syarat-syarat scan kartu identitas. sebagai berikut:
Contoh ID card negara Netherland
Contoh ID card.
  • Format gambar, Dianjurkan gambar scan kartu identitas berformat ".jpg" atau ".png".
  • Ukuran gambar, Pastikan ukuran gambar scan kartu identitas Anda tidak melebihi 5 MB.
  • Kualitas gambar, Scan kartu identitas Anda harus tidak buram atau tidak blur dan tulisan di dalamnya seperti nama, ttl, dll. harus bisa dibaca. Serta ke-empat sudut kartu identitas harus jelas terlihat. 
  • Saya meng-upload kedua sisi ktp, sisi depan dan sisi belakang.

7. Neteller Verification: Upload scan ID card, Done!
Dokumen telah diterima - Neteller telah menerima dokumen kamu dan sekarang sedang diproses.
Sampai langkah ini Anda telah berhasil meng-upload kartu identitas Anda, akan muncul pemberitahuan di Account Summary Neteller Anda dan di Email yang terhubung dengan akun Neteller Anda bahwa dokumen (kartu identitas) telah diterima oleh Neteller dan sekarang sedang ditinjau. Tugas Anda selanjutnya hanyalah menunggu dan berdo'a semoga dokumen yang Anda kirimkan sesuai dengan kebijakan Neteller sehingga akun Neteller Anda mendapatkan status Verified.

Berapa hari dokumen Anda akan ditinjau?

Pengalaman saya ketika verifikasi akun Neteller kemarin, hanya membutuhkan waktu 6 jam saja.
neteller verification email
Pada awalnya Neteller akan mengirimkan email bahwa dokumen(kartu identitas) telah diterima, pada kasus ini saya menerima email jam 6:21 pagi (gambar bawah), lalu di hari yang sama jam 12:09 siang, saya menerima email lagi bahwa akun Neteller saya sekarang telah terverikasi dengan kata lain Neteller menerima dokumen dan pengajuan verifikasi akun Neteller saya.

Di halaman resminya Neteller menjelaskan bahwa, proses verifikasi serta peninjauan dokumen membutuhkan waktu antara satu sampai tiga hari kerja (Business day). Jadi, sebaiknya menverifikasi akun Neteller dilakukan di awal-awal minggu kerja(Senin).


Kenapa pengajuan verifikasi ditolak?

Neteller declined/rejected - Dalam pengajuan verifikasi tidak semua dokumen (kartu identitas) memenuhi syarat atau kriteria yang ditentukan oleh Neteller, tidak jarang apabila dokumen kurang memenuhi syarat, pihak Neteller akan menolak pengajuan Anda. Berikut beberapa alasan kenapa pengajuan verikasi Anda ditolak:

1. Kualitas Dokumen tidak sesuai. Mungkin dokumen yang Anda submit tidak sesuai dengan syarat yang ditentukan oleh Neteller, antara lain: 
  • Dokumen (gambar kartu identitas) blur atau kurang jelas.   
  • Format gambar tidak acceptable atau di luar ".jpg", ".jpeg", ".png", ".bmp", ".gif".   
  • Ke-empat sudut dokumen tidak terlihat. 
  • Dokumen tidak menampilkan bagian sisi depan dan sisi belakang. 
2. Dokumen Expired. Masa berlaku dokumen yang Anda kirim sudah habis.  
3. Tidak cocok. Pastikan dokumen dan nama akun Neteller sesuai, tidak harus sama persis.

Demikian sedikit seputar "Pengalaman Verifikasi Neteller gratis menggunakan KTP" Semoga berguna, Makasih!

Postingan terkait: