Mencari bisnis lokal dengan media sosial baru Yelp

Yelp adalah sebuah media sosial komunitas untuk review dan memberi rating sebuah bisnis lokal di suatu negara, seluruh dunia. Bisnis lokal yang dimaksud adalah bisnis yang berada di sekitar kita yang customernya atau end usersnya adalah masyarat sekitar bisnis itu berada seperti restoran, cafe, tempat nongkrong, tempat shopping, dan masih banyak lagi. Anda bisa langsung mereview dan memberi rating untuk merekomendasikannya kepada teman, keluarga atau siapa pun yang tertarik dengan bisnis lokal yang telah Anda kunjungi dan rekomendasikan, bagaimana kesan Anda setelah mencoba dan merasakan pelayanannya langsung.

Bagaimana cara kerja Yelp.
Jika Anda tertarik untuk melakukan review sebuah bisnis lokal di Yelp, Anda cukup mendaftar menggunakan identitas dan foto asli supaya pihak Yelp bisa mengkonfirmasi kebenaran review yang diberikan nanti, untuk mendaftar sebagai yelpers (julukan untuk pengguna Yelp) tidak dikenakan biaya alias gratis, tetapi diwajibkan menggunakan foto profile dan nama pengguna sesuai dengan tanda pengenal yang berlaku.

Untuk bisnis lokal yang tempat usahanya ingin mendapatkan review dari konsumen, bisa langsung mendaftarkannya ke Yelp dengan gratis dan bisa upload foto(memage profile page) seputar bisninya serta bisa berkomunikasi langsung dengan yelpers yang telah memberikan review untuk sekedar menyapa konsumen atau menjawab pertanyaan yang diajukan konsumen.

Sekilas tentang Yelp.
Pertama kali digagas oleh mantan pegawai Paypal, Russel simmons dan Jeremy stoppelmen pada tahun 2004. Startup yang berkantor pusat di San francisco, California, Amerika Serikat ini didirikan dengan tujuan membantu orang-orang dalam mencari bisnis lokal terbaik di sekitar mereka. Yelp awalnya berkonsep “email based referral network” atau jaringan rujukan bebasis email, dalam perkembangannya Yelp tidak lagi menggunakan email sebagai medianya melainkan mengikuti perkembangan informasi dan teknologi menjadi berbasis web di akhhir tahun 2005.

Pada tahun 2010 Yelp telah mempublikasikan review tentang bisnis lokal lebih dari 4,5 milyar reviews dan mendapatkan keuntungan fantastis sebesar 30 milyar dollar. Yelp awalnya akan diakuisisi oleh Google, Inc tapi rencana itu tak pernah terealisasi, hingga pada maret 2012 Yelp memutuskan menjadi perusahaan sendiri bernama Yelp, Inc. Di tahun 2014 lalu Yelp telah mempublikasikan review tentang bisnis lokal lebih dari 71 milyar reviews, mendapat kunjungan visitor ke webnya, Yelp.com sebanyak 135 milyar kunjungan per bulan dan menghasikan keuntungan 377,5 milyar dolar Amerika setelah dua tahun memutuskan mendirikan perusahaan sendiri. (Wikipedia)

Hal-hal menarik tentang Yelp.
1. Pertama kali diluncurkan di San Francisco pada july 2004, Sebagai wadah untuk mencari rekomendasi bisnis lokal.
2. Yelp mendapatkan kunjungan 83 milyar unique visitors per bulan via perangkat mobile selama kurun waktu 2015.
3. Yelpers (Pengguna Yelp)  telah memberikan review tentang bisnis lokal sebanyak 83 milyar reviews di tahun ini 2015.
4. Expansi Yelp ke Asia dimulai dari Singapura di September 2012, berlanjut ke Hongkong pada September 2014 dan pada 2015 ini Yelp membuka cabang di 3 negara Asia yaitu, Taiwan pada Maret, Malaysia di Mei, Philipina di bulan Juni lalu.
5. Yelp bisa di akses dari semua perangkat mobile seperti, iPhone, Android, dan lainya.

Demikian sekilas tentang "Mencari bisnis lokal dengan media sosial baru Yelp" semoga bermanfaat. Makasih!

Postingan terkait: