Promosi online gratis untuk pelaku UKM, dengan Google bisnisku

Firtual blog - Promosi merupakan cara seseorang untuk mengenalkan brand atau produk kepada masyarakat luas (konsumen) dengan harapan, brand-nya lebih dikenal sehingga barang yang diproduksi mudah untuk dikenali sekaligus ditemukan karena konsumen sudah familiar dan mengenal.

Media berpromosi ada berbagai macam, ada yang memilih di dunia nyata seperti iklan banner di pinggir jalan, spanduk, dan sebagainya, ada juga yang memilih beriklan secara online karena di rasa jangkaukannya lebih luas, dan biayanya pun lebih kompetitif. Bahkan baru-baru ini Google, perusahaan bidang internet terbesar di dunia, memberikan fasilitas gratis namun berkualitas untuk pelaku ukm (usaha kecil menengah), ukm dapat 'meng-onlinekan' usahanya secara gratis dari proses pembuatan, verifikasi, hingga perawatan, semua diberikan fasilitas oleh google secara gratis.

Bidang usaha ukm atau lebih tepatnya ukm adalah usaha kecil dan menengah yang berdiri sendiri artinya unit usaha ini bukan merupakan anak perusahaan atau cabang dari perusahaan yang lebih besar, dimiliki oleh perseorangan atau kelompok, berwarga negara Indonesia (wni) dan biasanya ukm memiliki lokasi fisik dan belum 'meng-onlinekan' usahanya karena kurangnya pengetahuan tentang teknologi informasi, dana yang terbatas untuk pasang iklan dan membuat website online, dan keterbatasan lain sehingga belum masuk keranah online.

Apa itu 'Google bisnisku'?

Google sebagai perusahaan online terbesar di dunia, memberikan kesempatan kepada siapa saja untuk mempromosikan bisnisnya melalui platfrom gratis mereka 'Google bisnisku' atau disebut juga 'Google my business' untuk platform berbahasa Inggris.

Google bisnisku adalah platform gratis dari google yang memfasilitasi para pebisnis untuk 'meng-onlinekan' bisnis mereka serta mengelola bisnis mereka secara online dengan mudah dan cepat.

Siapa saja yang bisa menggunakan Google bisnisku?

Sebenarnya bisnis yang dapat berpartisipasi bukan hanya pelaku ukm saja namun, semua pebisnis yang mempunyai lokasi fisik, area layanan, dan brand juga dapat berpartisipasi dalam layanan gratis, Google bisnisku ini. Seperti contohnya; organisasi, artis, produk, merek, dan tentu saja bisnis, baik berskala kecil atau besar (tapi google menargetkan layanan ini untuk ukm di Indonesia).

Lalu bisnis apa saja yang boleh mengikuti Google bisnisku? Jenis bisnisnya di bedakan menadi:

1. Lokasi fisik. Bisnis yang termasuk dalam kategori ini adalah semua bisnis yang mempunyai toko/ ruko fisik dan melayani pelanggan di lokasi fisik tersebut.
Contohnya: Toko kelontong, supermarket, hotel, restoran, dan semua bisnis yang menggunakan lokasi fisik untuk menjalankan bisnisnya.

2. Area layanan. Kategori ini di peruntukkan bagi bisnis yang melayani pelanggannya di tempat pelanggan berada atau biasa disebut jasa.
Contohnya: Layanan go-jek, tukang ledeng, layanan taksi, dan semua bisnis yang mempunyai area layanan dan ingin pelanggan melihat di mana saja cakupan area layanan bisnis tersebut melalui Google maps.

3. Brand. Dari judulnya sudah bisa ditebak, yups! bisnis yang masuk dalam kategori ini adalah binis digital yang belum atau tidak punya kantor fisik tetap.
Contohnya: Toko online, artis, startup digital, organisasi, merek, dan semua bisnis atau non bisnis yang tidak atau belum punya kantor tetap.

Bagaimana cara mendaftar di Google bisnisku untuk pelaku ukm?

Untuk 'meng-onlinekan' bisnis Anda secara gratis dan menampilkannya di Google, Anda diharuskan terlebih dahulu mendaftar di Google bisnisku, agar pihak google bisnisku bisa mengkonfirmasi bahwa ini benar-benar bisnis Anda, langkah detailnya akan dibahas sebagai berikut:

Langkah #1: Jika Anda belum mempunyai akun Gmail, terlebih dahulu buat di laman Gmail. Namun, jika Anda sudah punya akun Gmail, bisa melewati langkah ini.

Langkah #2: Kunjungi laman Google bisnisku dari komputer atau smartphone Anda.

Langkah #3: Klik tombol "Tampil di Google" di sebelah atas laman Google bisnisku, kotak berwarna biru.

Langkah #4: Pilih jenis bisnis Anda, untuk pelaku ukm pilih "Lokasi fisik".

Langkah #5: Cari nama bisnis/ brand Anda, di kotak search disebelah kiri atas laman Google bisnisku, Anda bisa mencari terlebih dahulu nama/ brand bisnis Anda, bila tidak ditemukan yang cocok dengan nama yang Anda ketikkan, berarti nama/ brand bisnis Anda bisa didaftarkan ke Google binisku.

Langkah #6: Tekan tombol "Tambahkan bisnis Anda" di paling bawah hasil pencarian, untuk memulai mendaftarkan nama/ brand bisnis Anda.

Langkah #7: Isi identitas, data-data yang diperlukan tentu saja seputar bisnis yang Anda miliki dan yang mau didaftarkan, seperti:
GoogleBisnisku 
Nama Bisnis, isi dengan nama/ brand bisnis Anda. 
Negara / Wilayah, biasanya bagian ini sudah terisi otomatis, dengan cara men-deteksi ip address yang Anda gunakan. 
Alamat, isi dengan alamat lengkap dan jelas, karena ini akan tampil di Google nanti. 
Kota, isi dengan kota Anda, melengkapi data alamat yang Anda tulis di atas. 
Provinsi, ini merupakan menu drop down (pilihan), jadi Anda tinggal memilih salah satu. 
Kode Pos, isi dengan kode pos sesuai dengan alamat diatas. 
Telepon Utama Bisnis, lebih baik isi dengan lengkap, disertai kode wilayah. 
Kategori, golongan bisnis Anda, apakah restaurant, kedai kopi, dll.
Jangan lupa! Ceklist: Saya mengirimkan barang dan layanan ke pelangggan saya di lokasinya.

Langkah #8: Tekan tombol "Lanjutkan" berwarna biru, untuk menuju ke proses berikutnya.
Langkah #9: Persetujuan layanan, baca dan pahami baik-baik apa yang dijelaskan. Tekan tombol "Lanjutkan" apabila telah selesai membaca dan memahami.
Langkah #10: Kode verifikasi akan dikirimkan ke alamat Anda melalui pos, dalam beberapa minggu kode verifikasi sampai ke alamat Anda.
Langkah #11: Masukkan kode verifikasi, apabila surat dari Google yang berisi kode verifikasi sudah sampai, terlebih dahulu login ke akun Google bisnis Anda.
Langkah terakhir #12: Congratulation! Bisnis Anda telah muncul di google.

Berikut ini video dari GOOGLEIndonesia channel, yang memaparkan kronologi masalah dan step by step Bagaimana cara mendaftar di Google bisnisku untuk pelaku ukm.

Apa yang didapat dari 'Google bisnisku' setelah mengikuti program?

Jika Anda telah berhasil men-verifikasi dan mendapatkan akun Google bisniku, maka bisnis Anda akan di tampilkan di Google search, Google+, serta Google maps sekaligus, sehingga kostumer Anda mudah mencari bisnis Anda melalui Google.

Google bisnisku tampil di Google search. Akun Google bisnisku yang telah Anda buat akan di tampilkan oleh Google di halaman pertama Google search, lebih tepatnya di halaman pertama sebelah kanan. Sebagai contoh ketikkan keyword "kedai Suwe Ora Jamu" di Google search (Google pencarian), dan perhatikan halaman pertama sebelah kanan hasil pencariannya, seperti itulah bisnis Anda akan ditampilkan nanti.

Tampilan Google bisnisku di Gsama persis dengan penelas di atasoogle maps. Masih melanjutkan cara diatas, cuma alihkan tabnya saja, jika cara di atas menggunakan Google search (tab Web), alihkan tabnya ke " tab Maps" maka laman akan beralih ke laman Google Maps. Seperti itu juga nanti apabila pelanggan bisnis Anda mencari alamat bisnis Anda, apabila Anda berhasil membuat akun Google bisnisku.

Tampilan Google+ untuk Google bisnisku. Sebenarnya tampilan yang diberikan tidak jauh beda dengan profile personal, tapi ini akan melengkapi bisnis Anda di akun Google bisnisku yang telah Anda buat.

Sekian post tentang "Promosi online gratis untuk pelaku UKM, dengan Google bisnisku" mungkin step-stepnya tidak sama persis dengan penjelasan yang diberikan diatas, Anda tinggal menyesuaikan saja, dengan instruksi yang diberikan, ketika Anda membuat akun Google bisnisku nanti.

Postingan terkait: